Thursday, February 7, 2013

Sukague.com - Jutaan orang di dunia ini terbiasa memulai hari dengan secangkir kopi pagi supaya tetap terjaga dan tidak lesu. Meminum cappuccino dan espresso diharapkan bisa meningkatkan energi sekaligus kinerja.

sukague.com 

Meskipun kafein memang memiliki beberapa manfaat, ada pula efek samping negatifnya. Konsumsi kopi secara teratur dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah dan detak jantung tidak teratur. Lebih lanjut, stimulan ringan adiktif hadir dalam kopi.

Berikut beberapa tips untuk tetap terjaga dan bersermangat, Anda dapat mengatur diet harian Anda untuk tetap waspada tanpa bantuan kopi.


6 makanan kecil per hari

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Dietetic Association menemukan bahwa makan makanan dalam porsi kecil sepanjang hari dapat membantu meningkatkan energi dengan menyediakan vitamin dan mineral penting untuk tubuh. Ahli medis percaya bahwa makan dengan jeda panjang dapat menyebabkan lonjakan glukosa darah. Oleh karena itu, disarankan untuk makan dalam porsi kecil tapi sering untuk mempermudah proses pencernaan dan kelancaran glukosa darah. Sebuah laporan di British Medical Journal merekomendasikan konsumsi rutin enam makanan kecil per hari untuk menjaga kadar kolesterol.

Jangan sering makan daging

Sadarkah bahwa kita menghabiskan lebih banyak energi untuk mencerna produk daging daripada sayuran? Hal ini terutama karena daging mengandung protein dan lemak yang lebih tinggi dan sulit untuk dicerna. Selain itu, kehadiran hormon tertentu dan pestisida dalam daging juga memengaruhi tingkat energi Anda. Tapi ini tidak berarti bahwa Anda tak boleh makan daging sama sekali. Makanlah dalam porsi yang seimbang.

Kunyah biji-bijian atau kacang-kacangan

Kebanyakan dari kita berpikir energi bisa segera dipacu dengan meminum kopi dan produk-produk berkafein lainnya. Tapi selalu ingat bahwa seperti jenis derivasi energi itu tidaklah tahan lama dan bisa membuat Anda lebih lelah daripada sebelumnya. Di sinilah manfaat biji-bijian. Produk makanan ini bermanfaat menstabilkan bahan bakar energi sepanjang hari.

Minum cukup air

Lebih dari dua pertiga berat tubuh manusia terdiri dari air. Selain itu, kita membutuhkan air untuk mengatur suhu tubuh dan mengurangi sembelit. Oleh karena itu, konsumsilah air dalam jumlah cukup. Standardisasi 8 gelas air per hari direkomendasikan oleh dokter. Selain itu, kita bisa mendapatkan cairan melalui makanan dan minuman seperti susu. Namun, minuman mengandung kopi tidak dianjurkan karena bersifat diuretik (mengeluarkan air).

Makan buah saat perut kosong

Memakan apel atau jeruk saat perut kosong bisa menjadi cara yang bagus untuk mengusir rasa kantuk dan mendapatkan dorongan energi yang cepat. Sifat alkali dari makanan itu dianggap sebagai penguat energi yang besar. 

 Sumber