Monday, February 18, 2013

Sukague.com - Bertengkar tidak selamanya membawa dampak negatif pada sebuah hubungan. Jika Anda dan pasangan Anda bisa bertengkar secara sehat, maka hubungan asmara pun bisa semakin langgeng dan kuat.

Sebuah buku berjudul “Wired for Love: How Understanding Your Partner’s Brain and Attachment Style Can Help You Defuse Conflict and Build a Secure Relationship” yang ditulis oleh Dr. Stan Tatkin menyebutkan pasangan seharusnya tidak meredam amarah mereka untuk berargument. Hal ini dikarenakan otak manusia memang terhubung untuk saling mempertengkarkan suatu hal.

 

Daripada meredam atau menghindari konflik dan argument, sebaiknya belajarlah untuk bertengkar secara sehat dan aman. Pertengkaran yang baik akan membawa pada hubungan yang lebih baik.

Dibawah ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat pertengkaran Anda tidak sia-sia;

1. Mencintai “Musuh” Anda
Musuh Anda saat bertengkar adalah pasangan Anda. Meskipun ia melakukan kesalahan dan sangat menyebalkan tapi tetap saja Anda menyayangi pasangan Anda kan? Maka dari itu selama ia mengekpresikan opininya, pikirkan juga tentang perasaannya sehingga Anda tidak terus memojokan dirinya. Berdiskusilah dengan pasangan Anda dengan tetap memperhatikan nada dan intonasi berbicara.


2. Berbicara kemudian Diam
Sebisa mungkin ketika Anda bertengkar dengan pasangan Anda, buatlah argument yang singkat dan jelas tanpa meledak-ledak. Bahaslah inti masalahnya dan hindari mengisu kembali masalah yang telah lalu. Setelah itu diamlah dan berikan pasangan Anda kesempatan untuk berbicara.


3. Tidak Menghindari Pembicaraan
Banyak pasangan menghindari argument atau percakapan saat bertengkar karena takut malah menjadi lebih parah pertengkarannya. Ada baiknya Anda langsung bertemu dengan pasangan Anda dan berkata sejelas-jelasnya sambil melihat mata dan raut pasangan Anda. Ingat, pasangan Anda adalah orang yang Anda sayangi, jadi dengarkanlah apa yang ingin dikatakannya dan cobalah memberi pengertian pada ego Anda.

 Sumber