Sunday, February 3, 2013

Sukague.com - Siapa yang tidak kenal tim terkaya nomor satu di dunia versi The Richest di tahun 2011 ini? Ya! Manchester United. Tim terkaya dan terkenal di kawasan Manchester – Inggris ini, memiliki stadion dengan kapasitas 76,000 penonton dan dipastikan sebagai salah satu stadion dengan fasilitas megah dan mewah berbintang 5. Old Trafford itu sendiri, merupakan stadion kedua terbesar di Inggris setelah stadion utama Inggris, Wembley. Sedangkan di Eropa, Old Trafford merupakan stadion terbesar ke 11.
sukague.com

Old Trafford atau biasa di juluki “The Theatre of Dreams” memiliki fasilitas yang sangat mewah di sekitar areal stadion, seperti Red Café (Restoran mewah yang bertema Manchester United) dan museum Manchester United yang sangat terkenal dan telah dikunjungi oleh 300,000 pengunjung dari seluruh dunia sejak tahun 2009.

Dibalik kemewahan stadion utama tim Manchester United yang dibangun sejak tahun 1909, tahukah kalian bahwa stadion ini menggunakan teknologi rumput yang ramah lingkungan? Penasaran seperti apa? Ayo kita lihat ceritanya bersama-sama….

rumput sintetis old trafford farming 

rumput sinters old trafford

Rumput stadion di Old Trafford rupanya menggunakan artificial grass atau biasa disebut dengan rumput sintetis. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat rumput sintetis ini adalah bahan polietilena atau polyethylene, bahan  yang dibuat melalu proses polimerisasi radikal, polimerisasi adisi anionik, polimerisasi ion koordinasi dan polimerisasi adisi kationik. Bahan polietilena ini terdiri dari 4 jenis rumput sintets yang berbeda dan dapat di custom sesuai kebutuhan rumput sintetis yang diperlukan.

Metode Rumput Sintetis Lapangan Sepak Bola

metode rumput sintetis

Rumput sintetis ini dibeli oleh pihak Old Trafford dalam bentuk meter persegi dan tentunya dilengkapi dengan kharakter khusus, sehingga harganya sangat mahal. Urusan kualitas rumput sintetis ini, tidak kalah bagusnya dengan rumput asli. Karena berdasarkan hasil riset, rumput sintetis memiliki beberapa manfaat seperti:

1. Rumput sintetis tidak akan mengotori baju dan sepatu para pemain sepak bola

2. Rumput sintetis tidak akan menahan laju permainan karena ada gundukan tanah ataupun tanah yang terbang karena tendangan pemain sepak bola

3. Rumput sintetis lebih mudah dalam segi perawatan ketimbang rumput asli


Seperti apa sih produksi rumput sintetis untuk stadion besar ini? Kita lihat sama-sama yuk produksi rumput sintetis untuk stadion megah Old Trafford ini…!

a) Ini adalah bahan dasar nya! Bibit plastik yang akan di produksi menjadi rumput sintetis
bahan rumput sintetis

b) Bibit plastik kemudian di buat menjadi gulungan benang terlebih dahulu
rumput sintetis benang


c) Kemudian di jahit di mesin yang besar, untuk menjadi rumput sintetis 

produksi rumput sintetis
rumput sintetis produksi
rumput sintetis


d) Jadi deh gulungan rumput sintetis yang akan di distribusikan ke Stadion Old Trafford!
rumput sintetis gulungan

Rumput sintetis ini juga tidak perlu dikhawatirkan untuk masalah lingkungan loh! Karena rumput sintetis atau artificial grass ini dibuat dari bahan yang sangat ramah lingkungan dan dapat  dengan mudah untuk didaur ulang. Ini merupakan sebuah solusi yang jitu bagi pemilik stadion, untuk membuat stadion kebanggan tim nampak terlihat mewah, mudah untuk segi perawatan rumput dan yang terpenting sangat ramah lingkungan!


rumput sintetis old trafford souvenir

Kapan ya kita juga bisa ikut menerapkan teknologi rumput sintetis ini di beberapa stadion megah di Indonesia? Pasti pemain sepak bola nasional kita akan semakin enak dilihat saat berlaga di Liga Indonesia!



 Sumber