Tuesday, September 20, 2011

Tips Aman Ber Mobile Banking
FASILITASmobile banking yang ditawarkan berbagai bank saat ini merupakan salah satu cara untuk mempermudah transaksi perbankan Anda kapan pun dan di mana pun. Tapi, seberapa aman penggunaannya?

Phil Blank, direktur keamanan, risiko, dan penipuan di Javelin Strategy and Research, seperti dikutip situs money.msn.com mengatakan, menggunakan ponsel Anda untuk bertransaksi perbankan di mana saja bisa menjadi sebuah kenyamanan. Tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak mengakses rekening bank melalui ponsel, asalkan Anda mengikuti sejumlah prosedur dasar berikut ini:

Do:
1. Gunakan aplikasi bank Anda untuk mobile banking atau aplikasi keuangan lain yang tepercaya. Unduh langsung aplikasi tersebut dari toko aplikasi untuk jenis ponsel Anda, entah itu iPhone, Android, dan lain-lain.
2. Perlakukan ponsel Anda sebagaimana Anda memperlakukan perangkat komputer pribadi. Misalnya, dengan menginstal perangkat antivirus pada ponsel untuk meminimalisasi risiko.
3. Awasi selalu keberadaan ponsel Anda. Berbeda dengan komputer, ponsel lebih gampang terselip atau tercecer dari saku baju atau tas. Jadi, sering-sering memeriksa keberadaannya untuk memastikan ponsel Anda tetap berada di tempat yang aman ketika bepergian.

Don't:
1. Jangan menggunakan akses Wi-Fi publik untuk melakukan bisnis perbankan Anda. Sebab, Anda tidak bisa memastikan jaringan itu aman. Sebaiknya, pilih jaringan nirkabel yang memerlukan kata kunci keamanan jaringan atau memiliki beberapa bentuk keamanan lainnya.
2. Jangan menjadi yang pertama dalam antrean untuk menggunakan aplikasi baru bank Anda. Tunggu sampai sekitar 30 sampai 40 hari, kemudian baru mengunduh dan menggunakannya. Pasalnya, kadang-kadang versi awal dari sebuah aplikasi mengandung malware dan tidak aman.
3. Jangan pernah mengirimkan pesan teks lewat ponsel Anda yang berisi informasi sensitif seperti nomor rekening tabungan atau password akun Anda.
4. Jangan tertipu oleh email atau pesan teks yang meminta informasi pribadi. Sering kali, itu adalah pesan phishing yang mengaku dari bank Anda dan meminta Anda untuk mengklik link yang disediakan untuk memperbarui informasi rekening. Selain itu, hindari pula mengunjungi setiap situs yang tidak Anda kenali. 

http://www.mediaindonesia.com/mediaperempuan/index.php/read/2011/08/18/5961/9/Tips-Aman-Ber-Mobile-Banking