Saturday, May 28, 2011

detail berita 
Barcelona dinyatakan sah sebagai juara baru Liga Champions. Mereka mampu mengulang sukses dua tahun silam mengalahkan Manchester United di partai final dengan skor 3-1, Minggu (29/5/2011).

Tiga gol Barca disumbangkan oleh Pedro Rodriguez, Lionel Messi serta David Villa. Sementara United hanya bisa membalas lewat Wayne Rooney.

Barca sendiri tidak menurunkan bek senior mereka Carles Puyol pada awal pertandingan. Posisinya digantikan oleh Javier Mascherano.

Mendapat dukungan penuh dari publik Inggris yang memadati Wembley, United memulai pertandingan dengan penuh semangat. Di sepuluh menit awal mereka berhasil menekan Barca. Bahkan mereka tercatat dua kali memkasa Victor Valdes keluar dari sarangnya untuk mencegah agar tidak kebobolan.

Memasuki menit ke-15 Barca berhasil bangkit. Kini giliran mereka balik mengurung pertahanan United. Peluang pertama berhasil dibuat oleh Pedro Rodriguez, sayang tandukannya menyambut umpan silang Xavi Hernandez dari sisi kanan lapangan masih melebar.

Lima menit berselang sebuah peluang emas kembali dihasilan Barca. Kali ini melalui sepakan keras David Villa di dalam kotak penalti, beruntung bagi United karena Edwin van der Sar masih bisa menyelamatkan gawangnya dari kemasukan.

Hasil kongkret mampu diraih Barca tepat di menit ke-27. Pelakunya adalah Pedro. Dia menerima sebuah umpan manis dari Xavi yang mengecoh seluruh pungawa United di dalam area terlarang dan langsung meneruskannya dengan tendangan datar ke pojok kanan gawang. 1-0 anak-anak asuh Pep Guardiola unggul sementara.

Tertinggal, United kembali mencoba mengembangkan permainan. Hasilnya sangat positif, pada menit ke-34 mereka mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui Wayne Rooney. Bomber asal Inggris melakukan kerjasama satu-dua dengan Ryan Giggs sebelum akhirnya melepaskan tendangan keras yang mengoyak jala gawang Barca.

Memasuki menit 40 Barca kembali mengambilalih jalannya pertandingan. Satu kesempatan tercipta ketika Villa melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti, sayang umpan datarnya di muka gawang gagal disambar oleh Lionel Messi. Laga babak pertamapun ditutup dengan skor setara 1-1.

Paruh waktu kedua dimulai, Barca langsung mengambil inisiatif serangan. Mereka berhasil memaksa para pemain United merepat garis pertahanan. Gelandang The Red Devils yang biasanya tampil dominasi seperti kehilangan akal dan hanya bisa menonton Los Azulgranas menari-nari sembari memainkan bola.

Lebih menyesakan lagi ketika waktu menunjuk menit ke-54, sebuah tendangan spekulasi dari Messi berhasil mengoyak gawang van der Sar untuk kali kedua. Pemain terbaik dunia asal Argentina melepaskan sepakan melengkung usai menyambut umpan Andres Iniesta. 2-1 Barca kembali memimpin.

Setelah tertinggal United bukannya bangkit, mereka malah semakin terlena oleh sihir pemain-pemain Barca, sehingga tanpa sadar sudah empat kali mereka hampir kebobolan oleh upaya serta percobaan dari kubu lawan.

Bahkan pada menit ke-69 tim besutan Sir Alex Ferguson tidak bisa mengelak dari kebobolan untuk kali ketiga. Villa meluncurkan tendangan lengkung ke pojok atas gawang van der Sar usai menerima sodoran dari Sergio Busquets. 3-1 Barca memperlebar jarak.

Pascagol itu Barca sedikit mengendurkan permainan. Mereka nampak tidak lagi bernafsu memburu gol. Kondisi ini coba dimanfaatkan United untuk bisa mencuri-curi peluang, sayang soliditas di setiap lini Barca masih terlalu tangguh untuk bisa mereka goyahkan.

Memasuki menit 80 Barca mulai terlihat mengulur waktu demi mempertahankan keunggulan. Wasit Viktor Kassai yang membaca indikasi itu langsung bertindak. Yang jadi korban adalah kepada Valdes. Dia diganjar kartu kuning karena sengaja berlama-lama menguasi bola.

Di menit-menit sisa United masih terus memaksa mengejar ketertinggalan. Namun apa mau dikata, sampai peluit panjang berbunyi tidak ada satupun usaha mereka yang membuahkan hasil.

Barcelona akhirnya dinyatakan keluar sebagai pemenang dan mengukuhkan gelar Liga Champions keempat mereka. Sementara bagi United ini merupakan De Javu final dua tahun silam di Olimpico Roma. Ketika itu mereka juga kalah dengan skor meyakinkan 2-0.

Susunan pemain:
BARCELONA: Valdes; Abidal, Puyol, Pique, Alves; Busquets, Xavi, Iniesta; Pedro, Villa, Messi.

MANCHESTER UNITED: Van der Sar; Fabio, Ferdinand, Vidic, Evra; Valencia, Carrick, Giggs, Park; Rooney Hernandez. 


Sumber :
bola.okezone.com