Thursday, March 28, 2013

Sukague.com - Sebelumnya... Yuuk kenali dulu Durian...

Durian adalah nama tumbuhan tropik yang berasal dari Asia Tenggara, Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Varian namanya yang juga populer adalah duren. Orang Sunda menyebutnya kadu. Durian adalah salah satu jenis buah-buahan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Pohon yang berasal dari biji sesudah berumur lebih dari 10 tahun baru berbunga. Bila berasal dari bibit okulasi, berbunga pada umur 8 tahun. Durian menghendaki tanah yang subur, gembur, tidak bercadas, kedalaman air tanah 1-2 meter, kemasaman (pH) tanah 6 - 7. Tinggi tempat antara 400 - 600 meter di atas permukaan air laut. Di dataran rendah dapat juga ditanam durian asal curah hujan merata sepanjang tahun. Bila ditanam sampai 1000 meter di atas permukaan air laut buahnya tidak lebat.

sukague.com
Buah durian tidak hanya dimakan daging buahnya saja, akan tetapi bijinya juga bisa dimakan. Biji durian yang direbus atau dibakar dimakan sebagai makanan kecil. Pucuk muda dan buahnya yang masih muda dapat dimasak untuk lalap. Kulit buah yang dikeringkan digunakan sebagai bahan bakar, terutama untuk mengasapi ikan


Namuun... ada beberapa hal yang membuat durian menjadi berbahaya ketika dikonsumsi... Apa saja hal tersebut??? Langsung aja Dibaca yaaa...



Durian dimakan saat masa kehamilan
Buah durian mengandung banyak gas, glukosa, kolesterol dan juga sedikit alkohol. Setelah mengonsumsi durian, gas dalam perut dapat menimbulkan kontraksi.
Pada pasien dengan kehamilan trimester pertama sebaiknya menahan diri dulu untuk tidak mencicipi buah ini. Karena pada usia kehamilan ini kontraksi yang timbul kemungkinannya lebih besar.


Memakan Durian Secara Berlebihan
sukague.com
Seorang pegawai negeri di Provinsi Singburi, Thailand Tewas setelah memakan empat buah durian mon thong. Satu durian mon thong, salah satu jenis paling populer di Thailand, jika sudah dikupas maka 600 gram daging buah itu (tanpa biji), kadar kalornya dapat mencapai 978.

Dengan memakan empat buah durian seukuran itu, maka seseorang akan mendapat tambahan ledakan energi setara 4.000 kalori, atau secara kasar dua kali kebutuhan per hari rata-rata manusia.

Peringatan khususnya ditujukan kepada mereka yang menderita darah tinggi, gangguan jantung dan kencing manis. Bahkan orang-orang yang sehat saja harus hati-hati agar tubuhnya bisa mampu menghabiskan energi yang muncul mendadak dalam jumlah besar.
Jadi bila mengkonsumsi durian (apalagi durian mon thong) jangan berlebihan.



Makan durian plus Minuman beralkohol
sukague.com
Gangguan pencernaan bisa terjadi jika durian dikonsumsi bersama dengan minuman beralkohol. Penelitian di University of Tsukuba, Jepang bahkan membuktikan kandungan sulfur pada durian bisa menghambat metabolisme alkohol dan bisa memicu kematian.

 Sumber