Thursday, March 7, 2013

Info Post
Belanja murah dapat banyak - - - Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidak tidur walaupun ada kesempatan untuk itu

 

Insomnia, tidak hanya berdampak kelelahan bagi penderitanya, penelitian terkini menunjukkan bahwa insomnia juga meningkatkan resiko penyakit jantung. Penelitian yang dimuat dalam jurnal Circulation itu menunjukkan bahwa:

Penderita insomnia memiliki resiko mengalami serangan jantung 27 hingga 40 persen lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidurnya normal.

Hingga saat ini ada berbagai jenis pilihan untuk mengobati insomnia. Kebanyakan dokter menganjurkan penggunaan obat tidur atau obat anti-kecemasan untuk menyembuhkan insomnia pasiennya. Namun, di pihak penderita sendiri sebenarnya masih ada beberapa cara non-medis yang bisa dicoba sendiri di rumah. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu agan untuk mengatasi insomnia:

1. Cobalah Untuk Tidur Pada Jam Yang Sama Setiap Malam 
Cara ini adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi insomnia, karena tubuh manusia memang dirancang dengan jam biologis dan membutuhkan rutin tidur yang baik.

2. Cobalah Untuk Meningkatkan Aktivitas Agan Di Siang Hari
Dengan lebih aktif di siang hari, Agan akan lebih mudah untuk terlelap di malam hari. Tentu saja, untuk mengatasi insomnia, jenis aktifitas yang dibutuhkan adalah aktifitas fisik. Peredaran darah akan lebih lancar dan tubuh akan membutuhkan istrirahat setelah agan beraktifitas seharian.

3. Kurangi Konsumsi Makanan Atau Minuman Yang Mengandung Kafein, Terutama Menjelang Malam
Banyak yang mengira minum teh hangat atau coklat panas menjelang tidur akan memudahkan agan terlelap. tetapi Kenyataannya?, Agan justru tidak akan dapat mengatasi insomnia dengan teh dan coklat karena kandungan kafeinnya. Hindari makan berlebihan di malam hari khususnya menjelang tidur.

4. Khususkan Tempat Tidur Hanya Untuk Tidur

Sebisa mungkin, jangan bawa pekerjaan Agan ke tempat tidur, atau menonton televisi dari tempat tidur. Televisi dan komputer adalah salah satu faktor yang paling menyulitkan seseorang mengatasi insomnia.

5. Lakukan Aktifitas Santai Sebelum Tidur
Jika dalam waktu setengah jam sejak Agan merebahkan diri Anda belum juga terlelap, cobalah bangun dan lakukan aktifitas yang santai, seperti membaca buku, sampai Agan mengantuk. Ini yang sering pake gan, ane sering baca sambil denger musik lembut, dan pas buka mata tahu-tahu sudah pagi aja gan.

6. Upayakanlah Agar Kondisi Kamar Agan Kondusif Untuk Tidur
Matikan lampu dan pastikan agar tidak ada suara-suara yang dapat mengganggu. agar tidur agan lebih nyaman siapkan beberapa list lagu kesukaan agan.

7. Jangan Terlalu Terobsesi Dengan Kata "tidak bisa tidur"
Banyak penelitian mengungkapkan bahwa orang yang terlalu khawatir soal tidak bisa tidur biasanya adalah orang yang paling kesulitan mengatasi insomnia. Ingatlah, meski insomnia adalah penyakit yang cukup serius, namun penyakit tersebut dapat diobati.

8. Jangan Lupa Berdoa Gan
Agar tidur agan nyaman serta bonus mimpi indah, agan harus berdoa. Ingat gan, tidur itu bagaikan mati untuk sementara. Jadi berdoalah..

 Sumber


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...