Sunday, February 26, 2012

Belanja murah dapat banyak - - - Sukague.com - Kali ini sukaguecom mencoba memberikan mengenai tips merawat printer. Beberapa tindakan maksimal bisa kita lakukan untuk mencegah kerusakan seperti cara pakai dan penggunaan yang baik dan benar.

sukague.com

Tapi berbicara mengenai kinerja, usia printer ternyata juga turut mempengaruhi hal ini. Berikut adalah tips merawat printer baik yang menggunakan inkjet (tinta cair) maupun printer yang menggunakan cartidge :

1. Penggunaan printer memang tidak dibatasi akan tetapi sebaiknya digunakan secara berkala dan teratur. Jangan biarkan printer tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama. Pastikan setiap hari printer harus dapat dipakai untuk mencetak serta pastikan hasil cetakannya sempurna. Usahakan cetakan berimbang dalam hal warna sehingga diharapkan seluruh kepala tinta dapat bekerja semua sesuai dengan warna yang ada, hal ini bertujuan menjaga agar tinta pada seluruh kepala tinta tidak mengering.

2. Jangan biarkan Inkjet dalam keadaan kosong dalam waktu cukup lama lalukan segera pengisian inkjet apabila tinta mulai habis.

3. Dalam melakukan isi ulang khususnya saat melepas cartridge, jangan sampai menyentuh pin CMOS (ditandai dengan gambar telapak tangan yang di silang). Karena CMOS tersebut sangat sensitif dapat berakibat listrik statis yang berasal dari tubuh kita.

4. Gunakanlah merk tinta yang sama saat isi ulang sehingga kualitas warna dan bahan tinta pun sama, kalaupun berbeda pastikan tinta pada cardtridge telah benar-benar habis. Hal ini untuk menghindari menyumbat lubang tinta pada kepala tinta.

5. Saat mencetak untuk lakukan tes maupun print sebaiknya menggunakan kertas baru supaya tidak mengakibatkan macet pada printer. Jika terjadi demikian dapat mengakibatkan kotor dibagian roll printer.

6. Bersihkanlah printer secara berkala dengan menggunakan kuas dan semprotan, saat melakukan pembersihan pastikan printer dalam keadaan mati.

7. Matikan printer sesuai prosedur jangan langsung mencabut kabel listriknya karena pada saat itu system bios printer masih aktif sehingga dapat mengakibatkan system bios error, selain itu mematikan printer dengan mencabut langsung kabel listriknya menyebabkan capping head printer pada printer saat itu mungkin belum pada posisi yang benar.

8. Jika tidak dipakai pakailah pelindung printer agar terlindung dari debu. Jangan pula menutupnya dengan plastik karena udara lembab dapat mempercepat kerusakan printer.

9. Kalau printer Anda sering digunakan jangan membiasakan untuk dimatikan setelah lakukan print biarkanlah printer tetap menyala, hal ini untuk meminimalisir over hit counter pada limit counter Bios.

10. usahakan jangan terlalu sering mencetak gambar atau tulisan yang dipertebal serta kepadatan yang tinggi karena akan memperberat kerja kepala printer yang otomatis akan memperpendek usia head printer.

11. Khusus printer yang menggunakan Infus letakkan tangki tinta infus sejajar dengan Catridge, hal ini untuk menjaga agar tinta tidak mengalir secara langsung ke Catridge pada saat printer tidak digunakan.

 Sumber


0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...