Wednesday, October 5, 2011

Belanja murah dapat banyak - - - Meski musim kemarau berkepanjangan sedang melanda Indonesia, namun virus flu sudah merajalela dimasyarakat akhir – akhir ini. Flu adalah penyakit yang umum dimasyarakat, namun banyak yang meremehkan flu. Bahkan sampai ada mitos – mitos tentang flu yang ternyata tidak semua benar. Berikut ulasan tentang mitos – mitos flu yang salah dan menyesatkan yang dirangkum oleh faktabukanopini.blogspot.com.

1. Makan = Membiarkan Virus Berkembang
no-eating-tm
Makan saat flu sama artinya dengan membiarkan virus flu dalam tubuh kita beranak pinak. Hmm…sungguh mitos yang benar – benar salah. Makan saat kita sedang sakit adalah kewajiban, karena dalam makanan itu mengandung energi yang dapat membantu kita memerangi virus – virus jahat yang menyerang tubuh kita. Jadi, sebaiknya Anda makan makanan yang sehat saat Anda sakit bukan tidak makan sama sekali. Tenang saja, virus flu tidak suka donat kok :D


2. Tidak Perlu Obat Untuk Segera Sembuh
sneeze-tm
Banyak orang beranggapan flu adalah sebuah proses. Bersin – Demam – Flu – Sembuh. Sehingga banyak dari mereka membiarkan proses itu berjalan dengan sendirinya dengan keyakinan bahwa pasti proses itu akan bermuara pada “Sembuh”. Hal yang sebenarnya sangat disayangkan, karena flu adalah sebuah virus, bukan sebuah proses. Virus hanya akan mati jika dibunuh dengan obat flu tentunya. Oleh karena itu, sebaiknya berhenti mempercayai flu sebagai sebuah proses mulai dari sekarang.

3. Flu Disebabkan Cuaca Yang Dingin
in-the-blue-room-freezing-gravity-tm
Sering kita diperingatkan untuk memakai baju hangat ketika sedang cuaca dingin, atau sedang hujan agar tidak terkena flu. Mitos tersebut sepenuhnya salah, karena virus flu tidak mengenal bagaimana keadaan Anda saat dia masuk ke dalam tubuh Anda. Dia bisa menyerang ketika cuaca sedang terik – teriknya atau ketika Anda sedang kedinginan karena hujan lebat. Sungguh tidak berpengaruh.

4. Berciuman Akan Menularkan Virus Flu dengan Cepat
Cium-Flu
Jumlah virus flu yang ada pada bibir dan mulut sedikit. Yang banyak adalah pada lendir yang berada di hidung kita. Sehingga tidak benar adanya mitos yang mengatakan kita dapat menularkan virus flu hanya dengan berciuman dengan seseorang karena sebenarnya biang virus ada pada hidung kita, sedangkan kita tidak mungkin mencium seseorang dengan hidung, kan?

5. Jangan Minum Susu
susu-flu
Susu dipercaya dapat memperbanyak jumlah lendir yang dihasilkan pada saat kita sedang terkena flu. Salah besar. Susu tidak terbukti dapat meningkatkan volume lendir dalam hidung kita. Justru susu dapat menyegarkan tubuh kita dan membantu tubuh memerangi penyakit, sehingga kita dapat segera sembuh dari flu.


6. Virus Flu Hanya Menyebar Saat Musim Dingin / Penghujan
Musim Dingin-Flu
Kita sering mendengar percakapan di masyarakat, seperti ini misalnya :
X : “Wah,,sekarang banyak orang terkena flu ya!”
Y : “Jelas saja, sekarang kan musim penghujan!”
Percakapan yang salah dan umum terjadi dimasyarakat. Virus flu tidak mengenal musim. Entah musim kemarau atau musim penghujan, jika dia menyerang maka tidak ada yang bisa menghalanginya.

7. Vitamin C
vitamin-c
Jika kita sedang sakit flu maka hal yang kita lakukan salah satunya adalah memperbanyak mengonsumsi vitamin C. Sebenarnya tindakan kita sudah benar, dengan memasukkan banyak vitamin dan mineral dalam tubuh, namun untuk pengkhususan pada vitamin C tidaklah berpengaruh banyak. Jika Anda terkena flu, maka yang harus Anda lakukan adalah meminum obat flu, bukan dengan memakan jeruk satu kilo. Hehe…

8. Flu Hanya Datang Pada Tubuh yang Sedang Lemah
Tubuh Lemah-Flu
Kondisi tubuh seseorang yang berbeda – beda sebenarnya bukan salah satu penyebab seseorang itu dapat terkena flu atau tidak. Karena baik di dalam tubuh seseorang yang sehat dengan kondisi tubuh seseorang yang sedang lemah, karena load pekerjaan yang menumpuk misalnya, tidak berpengaruh pada virus flu. Karena virus flu adalah virus yang menyerang tidak pada orang yang sedang drop saja, maka waspadalah meski Anda sedang dalam keadaan bugar.

9. Suntik Flu Menularkan Virus Flu
Suntik-Flu
Sebenarnya ini adalah suatu pendapat atau kesimpulan yang salah kaprah yang bersumber pada vaksin flu. Vaksin flu berisi virus – virus flu yang justru dapat menyembuhkan bahkan membuat kebal seseorang terhadap flu, namun yang terkandung di dalam vaksin tersebut bukan semua virus yang menyebabkan flu sehingga kita tidak akan tertular dengan melakukan vaksin hanya gara – gara yang disuntikkan dalam tubuh kita adalah virus flu.

10. Berkeringat = Virus Hilang
Berkeringat-Flu
Banyak di antara kita yang masih meyakini bahwa flu akan hilang dengan sendirinya jika kita sudah tidur dengan menggunakan selimut super tebal dan atau menaruh kepala kita di atas baskom berisi air panas. Padahal kenyataannya adalah semua yang kita lakukan itu tidaklah berpengaruh pada virus flu. Yang kita dapatkan hanyalah ketenangan dan perasaan nyaman.

http://top10.sidomi.com/22791/10-mitos-flu-yang-menyesatkan/


0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...