Friday, August 5, 2011

Belanja murah dapat banyak - - - Berita kematian adakalanya menjadi hal yang menakutkan, tragis, dan mengejutkan. Namun apa jadinya jika berita kematian itu palsu? Dalam dunia hiburan, berita kematian palsu dapat menjadi sebuah hal yang merugikan, walaupun beberapa pandangan menganggapnya sebagai sebuah sensasi menaikkan pamor. Berikut adalah 5 selebritas yang diisukan mati di internet:

1. Britney Spears
Penyanyi Amerika Britney Spears diberitakan meninggal dunia melalui sebuah stasiun siaran radio di Dallas, KEGL 97.1. Radio tersebut memberitakan bahwa Britney meninggal akibat mengalami kecelakaan lalu-lintas bersama Justin Timberlake melalui sebuah tabrakan mobil. Akibat pemberitaan tersebut, fans setia Britney beramai-ramai mengucapkan rasa sedih dan bela sungkawanya melalui forum pesan internet, bahkan keesokan harinya berita ini lebih menyebar secara luas. Berita ini kemudian diperburuk dengan munculnya berita yang lebih detail dari situs berita ternama BBC.com. Namun beberapa hari kemudian radio KEGL 97.1, sebagai pihak pertama yang menyebarkan berita duka ini meminta maaf, bahkan memecat dua penyiar yang menyebarkan berita ini. Empat bulan kemudian seorang hacker (peretas) berasal dari Michigan, Tim Fries, mengatakan bahwa artikel mengenai kematian palsu Britney ini menjadi hits sebanyak 120.000 kali dibaca dalam 12 jam di dalam dunia maya.

http://faktabukanopini.blogspot.com/


2. Oprah Winfrey
Oprah awalnya menyebutkan tanpa nama salah seorang anggota 4 chan.org, yang menuliskan pendapat di situsnya. Orang ini diklaim sebagai perwakilan dari jaringan pedofilia. Bahkan Oprah mengatakan bahwa 4 chan.org merupakan salah satu kelompok teroganisasi yang bertujuan untuk mengeksploitasi anak-anak secara verbal dan non verbal.

Akibat pernyataan tersebut, pihak 4 chan.org melancarkan sebuah serangan dengan menerbitkan sebuah informasi mengenai kematian Oprah sang presenter terkemuka di dunia. Mereka mengatakan Oprah ditemukan meninggal di rumahnya di Chicago, dengan menyebarkan beberapa versi penyebab kematiannya di Wikipedia. ada yang menyebutkan dia tewas akibat sesak nafas/serangn jantung, penganiayaan berat, dan banyak lagi. Namun akhirnya pihak 4chan.org mengakui bahwa pemberitaan tersebut adalah tidak benar, dan hanya untuk mengalihkan perhatian. Mereka telah membuat foto rekayasa digital untuk membuat potongan gambar di layar internet dalam upaya penyebaran berita palsu.

http://faktabukanopini.blogspot.com/


3. Jackie Chan
Salah satu aktor Asia yang terkemuka di Hollywood, diberitakan meninggal dunia pada 29 Maret 2011, oleh sebuah situs televisi palsu. Situs tersebut memberitakan Jackie meninggal akibat serangan jantung di Rumah Sakit Los Angeles,  dan penyebabnya adalah stress akibat padatnya jadwal promosi film Kung Fu Panda 2. “RIP Jackie Chan” menjadi ucapan yang marak mewarnai twitter hari itu. Namun berita itu terbantah oleh adanya foto Jackie Chan bersama pejabat konsulat jendral untuk Jepang,  yang sedang berdiskusi mengenai acara peringatah gempa bumi Jepang pada 11 Maret.

http://faktabukanopini.blogspot.com/


4. Zach Braff
Pada tahun 2007 seorang penggemar fanatik situs Scrubs, menyalin halaman web milik CNN dan mengarang sebuah berita mengenai kematian Zach Braff, untuk mengagetkan sahabatnya. Dalam situs palsu itu diberitakan mengalami kelebihan dosis di rumahnya, di kawasan Beverly Hills, namun waktu kejadian tidak disebutkan. Pada 12 Oktober 2009, cerita kematiannya tersebut menjadi sebuah topik di twitter. Namun muncullah video facebook-nya Zach yang menyangkal semua berita dan keraguan para fansnya.

http://faktabukanopini.blogspot.com/


5. Miley Cyrus
Miley Cyrus bahkan lebih buruk lagi. Pada september 2008, sebuah berita diterbitkan di situs terkemuka Yahoo, yang mengatakan bahwa Cyrus meninggal akibat kecelakaan mobil. Bahkan sebuah rekayasa video kecelakaannya diunggah ke situs video Youtube, dan di klaim pengunggahnya adalah Mandy Jiroux. Dalam video tersebut diceritakan bahwa Cyrus ditabrak oleh seorang pengemudi mabuk. Namun berita tersebut akhir disangkal dengan penampilan Cyrus di sebuah konsernya di Kota New York.

http://faktabukanopini.blogspot.com/

http://www.uniknya.com/2011/08/5-selebritas-hollywood-yang-diisukan-mati-di-internet/


0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...