Tuesday, November 29, 2011


keracunan makanan

Sukague.com - Barangkali Anda pernah merasakan perut Anda tiba-tiba sakit atau merasa mual dan pening seusai mengonsumsi suatu makanan. Bisa jadi itu penyebabnya adalah keracunan makanan. Racun bisa disebabkan oleh makanan yang terkontaminasi oleh kuman. Atau, bisa juga makanan tersebut telah basi dan mengandung jamur yang punya efek meracuni tubuh. Kalau Anda mengalaminya saat perjalanan jauh, pasti akan mengganggu agenda yang telah disusun.
Saat Anda mengalami gejala keracunan , sebaiknya segera lakukan pertolongan pertama. Pertolongan ini bisa saja mampu menyembuhkan Anda. Tapi, kalau tetap parah, segera minta bantuan medis. Dan, inilah pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan.
  • Keracunan yang ditandai dengan diare dan mual menyebabkan banyak hilangnya cairan tubuh. Untuk mengatasinya, munum banyak air atau jus buah untuk menyediakan kembali cairan tubuh. Atau, bisa juga Anda konsumsi minuman ber-ion yang banyak dijual di warung atau minimarket.
  • Jangan langsung minum obat pereda diare. Sebenarnya, saat keracunan makanan, diare ini membantu membuang racun yang sudah masuk ke tubuh. Konsultasikan dengan dokter kapan harus mengonsumsi obat diare.
  • Saat keracunan, jangan konsumsi sembarang makanan. Tanyakan pada ahlinya, makanan apa saja yang mesti dihindari untuk mempercepat penyembuhan.
  • Kalau dengan pertolongan pertama ternyata tidak juga berkurang keluhan Anda, jangan tunda untuk berobat ke rumah sakit. Mungkin ada racun yang membandel di tubuh Anda dan perlu penanganan lebih lanjut.
Sumber :
lifestyle.sidomi.com