Friday, November 25, 2011

Info Post
Belanja murah dapat banyak - - -
 
Sukague.com - Buah ketimun atu biasa yang dikenal dengan istilah akrab timun mudah dijumpai dimana-mana. Baik dan segar sebagai minuman, pendamping makanan, bahkan untuk disantap langsung. Ternyata dibalik kesegaran timun, banyak lho manfaatnya untuk kesehatan hingga kecantikan.

Apa saja manfaatnya?

1. Obat sariawan
Timun ternyata bermanfaat untuk meredakan sariawan. Dengan memakannya setiap hari dalam jumlah cukup banyak, niscaya buah yang memberi rasa dingin di rongga mulut ini mampu meredam "panas" sariawan.

K Heyne Voderman dalam bukunya, Tijdschr v Inl Geneeskundigen 1895, mengaku menyaksikan penderita sariawan yang berusaha berobat ke Eropa dengan hasil sia-sia. Bahkan, mereka menjadi kekurangan darah. Namun akhirnya sembuh sempurna setelah setiap hari memakan sembilan buah ketimun selama beberapa bulan sembari melakukan diet ketat terhadap susu, telur, dan anggur.

2. Perawatan kulit dan wajah
Perawatan dengan buah-buahan selama ini dianggap relatif aman bagi kesehatan kulit wajah dan rambut. Perawatan kecantikan seperti ini lebih baik daripada menggunakan produk kosmetika yang umumnya mengandung zat kimia.

Kelebihan lain, perawatan ini bisa dilakukan sendiri di rumah pada saat-saat senggang. Timun sangat cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Kandungan airnya mampu menyegarkan kulit wajah. Cara memakainya pun sangat mudah. Letakkan irisan timun pada wajah beberapa saat, lalu gosokkan perlahan-lahan pada seluruh wajah dan leher.

3. Pembersih wajah
Untuk pembersih dan penyegar wajah, gunakan masker campuran timun yang dicincang dan yoghurt. Diyakini campuran ini cocok untuk semua jenis kulit. Yang perlu diingat, pilihlah buah-buahan yang cocok dengan jenis kulit agar mendapatkan wajah segar berseri seperti yang diinginkan.

4. Memperlancar air seni dan menurunkan darah tinggi.
Jus timun merupakan salah satu obat terbaik melancarkan air seni dan juga menurunkan darah tinggi. Selain itu jenis sayuran ini enak dimakan mentah serta menyehatkan.

5. Mata sering lelah dan mengantuk
Tempelkan irisan timun sebesar mata setiap tiga menit selama 20 menit pada kelopak mata untuk mengatasi sering lelah dan mengantuk.

6. Obat jerawat
Ambil timun sebiji, iris-iris secukupnya sesuai kebutuhan. Tempelkan pada muka, khususnya daerah yang berjerawat.

7. Obat demam
Ambil timun dua-tiga biji. Parut dan peras airnya. Tempelkan parutan buah pada bagian perut. Lakukan hingga demam mereda.

8. Timun kaya akan silikon dan fluorin dan rendah kandungan kalorinya.

Kalium membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak. Baik untuk kulit kering, kulit yang terbakar sinar matahari, eksem, gangguan hati, serta untuk kesehatan rambut dan kuku. Gunakan sebagai pasta untuk mengobati gigitan serangga, gatal-gatal karena tumbuhan, dan kulit yang terbakar matahari.
Sumber :


0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...