Tuesday, June 28, 2011

GPS sudah bukan barang baru di Indonesia, meski di Indonesia masih belum banyak yang punya. Kalau di luar sana, sebagian besar sudah memakai GPS. Nah GPS ini tak hanya berbentuk portable (murni GPS) namun juga sudah disematkan di beberapa ponsel pintar seperti BlackBerry, Iphone 4, Nokia N8, dan masih banyak lagi. Sebenarnya apa itu GPS dan bagaimana cara kerja GPS?
faktabukanopini.blogspot.com
Pengertian singkat GPS
GPS sendiri merupakan singkatan dari Global Positioning System yang berarti suatu sistem teknologi yang akan membantu posisi keberadaan diri kita. Bila diibaratkan, GPS merupakan pengembangan dari sebuah peta lokasi yang dimanifestasikan dalam bentuk teknologi yang menggunakan satelit.

Cara kerja GPS
Sistem kerja GPS adalah dengan menstransmisikan sinyal dari satelit ke perangkat GPS (portable GPS murni, ataupun smartphone yang sudah memiliki fitur GPS). GPS membutuhkan transmisi dari 3 satelit untuk mendapatkan informasi dua dimensi (lintang dan bujur), dan 4 satelit untuk tiga dimensi (lintang, bujur dan ketinggian).

Karena GPS bekerja mengandalkan satelit, maka penggunaannya disarankan di tempat terbuka. Penggunaan di dalam ruangan, atau di tempat yang menghalangi arah satelit (di angkasa), maka GPS tidak akan bekerja secara akurat dan maksimal.

Fungsi dan keuntungan memiliki GPS
GPS sebenarnya sudah lama dipakai di berbagai sistem navigasi seperti pada pesawat dan kapal laut. Namun karena kelebihan dari GPS yang bisa menunjukkan lokasi, lama perjalanan yang akan ditempuh, seberapa banyak bensin yang akan dibutuhkan untuk menempuh suatu perjalanan, dan berbagai manfaat lainnya, GPS menjadi barang yang banyak dicari khalayak umum. Terutama bagi mereka yang sering bepergian ke luar kota.

Sayangnya, GPS memiliki beberapa kelemahan yang masih harus diperbaiki. Kelemahan yang pertama, GPS sulit dipakai bagi mereka yang memakai kendaraan roda dua. Dan yang kedua, kualitas baterai yang kurang memadai bila dipakai untuk jarak jauh. Namun untuk masalah baterai, sudah ada solusinya berupa charger mobile. Jadi GPS dipakai sambil di charge.

Sekarang , apakah kalian telah mengetahui apa itu GPS dari membaca artikel ini ?

dari berbagai sumber