Saturday, April 30, 2011

http://faktabukanopini.blogspot.com/
Sebuah mesin mobil tanpa transmisi, piston, katup, kompresi bahan bakar, sistem pendinginan, dan cairan sudah dibuat prototipenya oleh para ilmuwan di Michigan State University.

Mesin yang disebut "Wave Disk Generator" itu akan meningkatkan efisiensi mesin mobil hibrida gas dan listrik. Selain itu, emisi mobil bisa berkurang 90 persen dibandingkan mesin konvensional.

Mesin tersebut punya baling-baling yang dilengkapi dengan kanal-kanal bergelombang yang menjebak dan mencapur oksigen dan bahan bakar saat berputar. Jalan masuk di tengah ditutup sehingga muncul tekanan di dalam ruang dan menghasilkan gelombang yang membakar udara dan bahan bakar untuk hasilkan energi.

Wave Disk Generator menggunakan 60 persen dari bahan bakar untuk menghasilkan tenaga. Mesin mobil standar hanya menggunakan 15 persen. Hasilnya, generator ini 3,5 kali lebih efisien bahan bakar.

Selain itu, bobotnya yang jauh lebih ringan membuat penghematan bahan bakar lebih besar.

Minggu lalu, prototipe ini dipresentasikan kepada divisi energi Advanced Research Projects Agency. Tim dari Michigan State berharap akhir tahun ini bisa membuat prototipe mobil 25 kilowatt.

Sumber :
adaapasekarang.blogspot.com