Wednesday, December 21, 2011

Sukague.com - Tahukah Anda kalau bibir adalah anggota tubuh paling sensitif yang sering diperhatikan orang? Oleh karena itu, kesehatannya harus selau terjaga. Tapi, kenali dulu 'masalah' bibir sebelum Anda membereskannya.
sukague.com 


Cantik bukan berarti tampilan fisik dan pakaian menarik. Cantik juga berarti pintar menjaga kebersihan tubuh. Terutama di bagian-bagian tertentu yang hampir terlupakan. Salah satunya adalah, penampilan luar bibir Anda. Kenali dulu beberapa 'penyakit' nya:

1. Bibir pecah-pecah.
Biasanya disebabkan keadaan bibir kurang lembab dalam waktu yang lama. Sehingga kulitnya menjadi kering dan mudah pecah saat Anda berbicara. Usahakan agar bibir selalu dalam keadaan lembab. Cara paling mudah adalah menggunakan lipbalm yang sesuai dengan kondisi bibir Anda. Oleskan saat bibir mulai terasa kering. Akan lebih menyenangkan jika Anda memakai lip balm yang mengandung rasa buah atau mint.

2. Bibir Kasar
Seiring berambahnya usia, tekstur bibir juga akan mengalami perubahan. Biasanya, tekstur bibir akan menjadi lebih kasar. Ini lazim diakibatkan oleh banyaknya pemakaian lipstik dalam jangka waktu lama. Untuk mencegah gejala-gejala tersebut, Anda bisa mengoleskan lip cream ke area bibir sebelum membubuhi lipstik. Selain bisa menjaga kelembabannya, hal ini juga akan membuat lipstik yang Anda pakai tahan lebih lama.

3. Bibir Terbakar
Penyakit ini pasti kerap dialami sebagian perempuan, khususnya bagi yang hobi berolahraga dan beraktivitas di tengah sengatan matahari. Padahal Anda tahu jika sinar matahari itu sangat ganas, terutama untuk bagian kulit sensitif seperti bibir. Untuk mencegahnya, pakai terus lipbalm dimanapun Anda berada. Untuk aktivitas luar, kami sarankan, pilihlah lip balm yang mengandung sunscreen. Jangan lupa juga untuk melindungi kulit wajah dan tubuh Anda dengan sunblock yang mengandung SPF 15 sampai 30.

4. Bibir Menghitam
Gejala ini paling sering menyerang para perokok. Biasanya bibir bagian atas akan menghitam akibat zat-zat yang berasal dari rokok. Jadi, seharusnya Anda tahu kalau rokok tidak hanya membahayakan kesehatan, tapi juga bisa merusak penampilan. Jalan satu-satunya adalah, menghentikan kebiasaan merokok dan menambah perhatian pada bibir. Misalnya saja sering-sering melembabkan bibir yang kering karena pengaruh asap rokok. Pilih pelembab bibir yang didalamnya terkandung zat-zat yang bisa mengembalikan warna alami bibir Anda. Harus yang aman, tentunya.

Sumber :
kosmo.vivanews.com